Tips Trik & Informasi

Beragam informasi, tips dan trik

L-Carnitine

Posted by tipstrikinfo pada Oktober 15, 2009


L-Carnitine adalah suplemen asam amino yang kita kenal memiliki kemampuan merubah lemak menjadi sel mitokondria yang dibakar untuk menghasilkan energi bagi tubuh. Jadi L-Carnitine berperan penting dalam metabolisme lemak menjadi energi. Ilmu pengetahuan telah menyatakan bahwa L-Carnitine dapat menambah jumlah dari penerima androgen di dalam otot sehingga dapat meningkatkan level testosteron Anda. L-carnitine terdapat secara alami di dalam tubuh, terutama di otot dan jantung. Dalam tubuh, L-carnitine juga diperlukan untuk membawa asam lemak rantai panjang kemitokondria, dimana pembakaran asam lemak terjadi. Jadi dengan mengonsumsi tambahan L-carnitine, proses pembakaran lemak dapat berjalan lebih lancar. Konsumsi sumber protein hewani seperti daging sapi, ayam, dan ikan dapat memberikan tambahan sekitar 100-300 mg L-carnitine pada tubuh. Sementara buah dan sayuran hanya mengandung sejumlah kecil L-carnitine.
Karena tingkat testosteron tertinggi adalah ketika Anda bangun pagi, maka mengkonsumsi L-carnitine dapat meningkatkan testosteron untuk memacu pertumbuhan otot. Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi L-Carnitine dapat meningkatkan aliran darah ke otot yang secara lebih lanjut berguna untuk memasok testosteron di tempat yang dibutuhkan. Mengkonsumsi L-Carnitine dengan protein whey dan karbohidrat cepat serap adalah langkah yang tepat karena jumlah kenaikan insulin yang disebabkan oleh karbohidrat dan protein akan membantu memasukan L-carnitine ke dalam otot Anda. Dosis konsumsi yang dianjurkan adalah 1-3 gram L-Carnitine.

L-Carnitine adalah suplemen asam amino yang kita kenal memiliki kemampuan merubah lemak menjadi sel mitokondria yang dibakar untuk menghasilkan energi bagi tubuh. L-Carnitine berperan penting dalam metabolisme lemak menjadi energi. Ilmu pengetahuan telah menyatakan bahwa L-Carnitine dapat menambah jumlah dari penerima androgen di dalam otot sehingga dapat meningkatkan level testosteron Anda. L-Carnitine terdapat secara alami di dalam tubuh, terutama di otot dan jantung. Dalam tubuh, L-Carnitine juga diperlukan untuk membawa asam lemak rantai panjang kemitokondria, dimana pembakaran asam lemak terjadi.


202px-Carnitine_structure

Dengan mengonsumsi tambahan L-Carnitine, proses pembakaran lemak dapat berjalan lebih lancar. Konsumsi sumber protein hewani seperti daging sapi, ayam, dan ikan dapat memberikan tambahan sekitar 100-300 mg L-Carnitine pada tubuh. Sementara buah dan sayuran hanya mengandung sejumlah kecil L-carnitine.

Karena tingkat testosteron tertinggi adalah ketika Anda bangun pagi, maka mengkonsumsi L-Carnitine dapat meningkatkan testosteron untuk memacu pertumbuhan otot. Penelitian juga membuktikan bahwa konsumsi L-Carnitine dapat meningkatkan aliran darah ke otot yang secara lebih lanjut berguna untuk memasok testosteron di tempat yang dibutuhkan. Mengkonsumsi L-Carnitine dengan protein whey dan karbohidrat cepat serap adalah langkah yang tepat karena jumlah kenaikan insulin yang disebabkan oleh karbohidrat dan protein akan membantu memasukan L-Carnitine ke dalam otot Anda. Dosis konsumsi yang dianjurkan adalah 1-3 gram L-Carnitine.

Sumber L-Carnitine :

Konsentrasi L-Carnitine terbesar dapat diperoleh dari daging merah dan produk susu. Sumber alami lain dari L-Carnitine selain daging adalah kacang-kacangan, dan kuaci (misalnya: kuaci labu, kuaci biji bunga matahari, wijen), buncis, dan sayur-sayuran.

Produk Kuantitas L-Carnitine
Bistik Sapi 3.5 oz 95 mg
Daging Babi 3.5 oz 27.7 mg
Tempe half cup 19.5 mg
Dada Ayam 3.5 oz 3.9 mg
Keju Amerika 3.5 oz 3.7 mg
Es Krim 3.5 fl oz 3.7 mg
Susu Segar 3.5 fl oz 3.3 mg
Susu L-Men Basic Formula 1.5 oz 45 mg
Susu L-Men Regular Formula 2 oz 220 mg
Alpukat one medium 2 mg
Roti Gandum 3.5 oz 0.36 mg
Asparagus 3.5 oz 0.195 mg
Roti Putih 3.5 oz 0.147 mg
Makaroni 3.5 oz 0.126 mg
Selai Kacang 3.5 oz 0.083 mg
Nasi 3.5 oz 0.0449 mg
Telur 3.5 oz 0.0121 mg
Jus Jeruk 3.5 fl oz 0.0019 mg

(Keterangan: 1 oz sekitar 28 g)

Source : berbagai sumber

7 Tanggapan to “L-Carnitine”

  1. ajikinai said

    huhuhu
    but, bukankah memakan makanan di atas semakin menambah pemasukan lemak…?

    • Yup, kadar L-Carnitine di tabel daftar makanan di atas sebenarnya gak cukup untuk membakar lemak, apalagi jika tidak dibarengi dengan olahraga/fitness. Kadar L-Carnitine yang efektif untuk bisa bantu membakar lemak tuh sekitar 500mg atau lebih per hari. Biasanya didapet dari suplemen tambahan..
      Begitu kira-kira..

      Btw salam kenal yaa..🙂

  2. Anonim said

    nice info gann…
    brrti bwt yg pngen bakar lemak mau gag mau harus ngonsumsi suplemen tmbhn n gag ckup ngonsumsi mkanan diatas..??

  3. muhammad s said

    thanks tas infonya, di tunggu info2slanjutnya

  4. angrian permana said

    ya harus beli suplemen tambahan dong ya. kalo daging kan ada lemaknya, buanyak. yang ada malah ndut

  5. boby fahlevi said

    berarti setengah cangkit tempe mengandung l-carnitine juga berarti kalo lebih bagus nggak yah, trus saya pernah baca tempe mengandung 8 amino essensial vitamin b complex trus cocok buat loseweigt dan muscletone yang bagus (asal nggak digoreng pastinya)

  6. kak Harry said

    Pernah baca kalo suntik l carnitine lebih efektif drpd makan obatnya ya? krn penelitian l carnitine sendiri di tikus itu lewat suntikan juga.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: